Penyuluhan Pertanian (Kursus Tani dan Bimtek) – Kerja Sama Dinas Pertanian Kota Tual dan Pusat Unggulan Maluku Corner Unpad

Implementasi kerja sama Pusat Unggulan Maluku Corner Universitas Padjadjaran dengan Bappeda Maluku dan Kabupaten / Kota di Lingkungan Provinsi Maluku T.A. 2018 telah dimulai sejak Februari 2018. Pada tanggal 14-17 April dilakukan diskusi di Bappeda Ambon untuk evaluasi dokumen Road Map Pengembangan Wilayah Provinsi Kepulauan Maluku T.A. 2017 dan penetapan lingkup kerja penyusunan Dokumen Road Map Provinsi Maluku T.A 2018.

 

Lingkup kerja dokumen Road Map SDM akan difokuskan kepada 1) Pendidikan, dan 2) Penguatan SDM untuk mendukung komoditas unggulan yaitu: Pertanian, Perikanan, Pertambangan, dan Pariwisata, Dijelaskan oleh Dr. Djalaludin, dari Bappeda Maluku, “seluruh unggulan Provinsi Maluku akan memperkuat pembangunan Maluku jika Maluku memiliki SDM yang sehat, berpendidikan, bekerja keras, dan memiliki know-how yang tepat berorientasi jangka panjang”. Diharapkan sebelum bulan November 2018, Dokumen Road Map SDM akan terwujud dengan kerja sama tim Bappeda, Unpatti, dan Maluku Corner Unpad.

 

Untuk mengoptimalkan kedatangan ke Maluku, pada tanggal 16 dan 17 April 2018, Dr. Reginawanti Hindersah, dan Dr. Marthin Kalay memberikan materi pada Bimtek “Pertanian Tanaman Sayuran” di Balai Penyuluhan Pertanian Kota Tual. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kota Provinsi Maluku. Ibu Ir. Irene A. Ngabalin selaku Kepada Dinas Pertanian Kota Tual menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian RI menginginkan intensifikasi tanaman cabai, bawang merah, dan padi ladang. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan petani dan penyuluh mengenai kualitas tanah Tual dan bagaimana menjaga tanah di Tual yang didominasi oleh Jenis Aluvial (Entisol) dengan solum dangkal.

 

Kota tual adalah Kota Kepulauan dengan 5 kecamatan yang memiliki lautan lebih banyak daripada daratan. Menurut Ibu Irene, terdapat 14.198 Ha lahan pertanian potensial, sedangkan yang telah dimanfaatkan baru 20-25%. Bimtek diikuti dengan kunjungan lapangan untuk mempelajari cara budidaya sayuran setempat dan menentukan perbaikan budidaya dalam demplot yang akan dikawal oleh Dinas Pertanian Kota Tual. Ketua Maluku Corner Unpad dan Kepala Dinas Pertanian Kota Tual sepakat akan secara rutin menyelenggarakan Bimtek Pertanian bersama Unpad dengan Unpatti.

 

–Rilis MC–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *