Universitas Khairun Maluku Utara Studi Banding Ke Satuan Penjaminan Mutu Unpad

[Unpad.ac.id, 18/12/2016] Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Padjadjaran menerima kunjungan studi banding dari Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Universitas Khairun (Unkhair) Maluku Utara pada Kamis (15/12). Rombongan PPM Unkhair yang berjumlah 6 orang tersebut diterima oleh Kepala SPM Unpad, Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., didampingi Wakil Kepala SPM, Drs. Yuyun Hidayat, M.T beserta staf di ruang rapat SPM, Gedung Rektorat, Lt. 4, Kampus Jatinangor.

Tim Pusat Penjaminan Mutu Universitas Khairun berfoto bersama dengan tim Satuan Penjaminan Mutu Unpad di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (15/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Tim Pusat Penjaminan Mutu Universitas Khairun berfoto bersama dengan tim Satuan Penjaminan Mutu Unpad di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (15/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Ketua PPM Unkhair, Dr. Suratman Sujud, SP, M.Si., mengatakan, selain bersilaturahmi kunjungan tersebut juga untuk mencari ilmu, saling bertukar pengalaman dan informasi mengenai penjaminan mutu di berbagai universitas yang dianggap baik dalam proses pelaksanaan penjaminan mutunya.

Suratman memaparkan, Universitas Khairun yang berakreditasi “B” awalnya merupakan universitas swasta pertama di Maluku Utara yang berdiri pada 15 Agustus 1964. Dalam perkembangannya, Unkhair berubah status dari PTS menjadi PTN pada tahun 2004. Sejak itu, Universitas Kahirun terus mengalami transformasi yang pesat baik fasilitas perkuliahan, kualitas dan kuantitas yang terdiri dari Program Sarjana (35 prodi), Program Diploma 3 (1 prodi), Program Magister (4 prodi).

“Kami ingin belajar dan diberikan bekal dalam proses penyusunan standar pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta ingin mengetahui lebih jauh mengenai prosedur kerja Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Unpad”,  ujar Suratman.

Sementara Kepala SPM Unpad, Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari, Elita, M.Si menyambut baik dan sangat mengapresiasi kunjungan tersebut. Funny mengatakan bahwa Penjaminan Mutu Unpad berbasis pada program studi dan dikoordinasikan secara operasional oleh fakultas, sedangkan peran universitas adalah sebagai motor penggerak untuk mengembangkan sistem dan menggunakan strategi facilitating, empowering, dan enabling.  Peran universitas tersebut dilakukan dalam bentuk bantuan teknis, finansial, konsultasi, pengembangan konsep-konsep baru yang lebih aplikabel dan akseptabel, monitoring dan saran tindak perbaikan.

“Membangun penjaminan mutu yang baik dan solid tidaklah mudah, perlu adanya komitmen di semua lini mulai dari tingkat universitas sampai ke unit-unit kerja terkait. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, perlu adanya kebersamaan, dan keterkaitan satu sama lain. Intinya kalo kita lakukan secara bersama-sama maka hasilnya pun akan kita  nikmati bersama. SPM membuat pohon untuk menghasilkan buah, dan akreditasi adalah buah dari penjaminan mutu. Kalau penjaminan mutu kita bagus maka buahnya pun akan bagus,” ujar Funny.

Di Unpad sendiri berbagai upaya penjaminan mutu sudah dilakukan, Unpad ingin membesarkan dulu prodi-prodi yang ada di lingkungannya dengan melakukan pendampingan dan simulasi borang prodi dengan memberdayakan para asesor BAN PT asal Unpad yang disandingkan dengan para asesor bentukan yang berasal dari para auditor  internal dalam membantu proses penyelenggaraan re-akreditasi di lingkungan Unpad. Para auditor tersebut terus ditingkatkan kualifikasinya dengan mengikuti pelatihan asesor yang diselenggarakan oleh SPM untuk disetarakan menjadi Asesor Internal. Jika lulus dan memenuhi persyaratan maka akan dilamarkan ke BAN PT yang nantinya bisa berkiprah di luar dan di dalam institusi.

Dalam kesempatan tersebut Funny pun menjelaskan tata cara pembuatan Borang, SOP, penjelasan tentang Audit Mutu Akademik, SPMI, Standarisasi Mutu dan Inovasi Akademik. Selain itu rombongan dibawa berkunjung ke Pusat Pelayanan Terpadu Unpad di Lantai 1 Gedung Rektorat, dan diakhiri dengan foto bersama. *

Rilis oleh: Wati Sukmawati (SPM Unpad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *